MEMBANGUN APLIKASI SISTEM PEMESANAN DAN PEMBAYARAN SEWA MOBIL ONLINE BERBASIS WEB (STUDI KASUS DI RENTAL DARAS CORPORATION)

MEMBANGUN APLIKASI SISTEM PEMESANAN DAN PEMBAYARAN SEWA MOBIL ONLINE BERBASIS WEB

(STUDI KASUS DI RENTAL DARAS CORPORATION)

ABSTRAK

Rental Daras Corporation adalah suatu rental mobil yang terletak Jl. Merkuri Selatan II No. 17 Margahayu Raya Bandung – Jawa Barat 40286. Rental Daras menyediakan pelayanan berupa sewa mobil harian, mingguan dan bulanan. Perbedaan jenis mobil didasarkan pada tipe, harga, dan fasilitas yang ada di masing – masing mobil. Dalam proses promosi perusahaan telah melakukan berbagai cara yaitu dengan saling memberi informasi melalui satu customer ke customer lainnya dan pemasangan iklan di kolom surat kabar, ternyata cara tersebut dirasakan kurang efektif karena perusahaan tidak dapat memberikan informasi tentang mobil-mobil yang akan disewakan secara lengkap dan detail sehingga customer kurang mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat mengenai mobil-mobil yang disewakan oleh Rental Daras. Selama ini transaksi pemesanan sewa mobil dilakukan oleh costumer di rental yang besangkutan via telepon atau datang secara langsung ke rental tersebut. Permasalahan juga muncul pada pemesanan sewa mobil dengan menggunakan telepon akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperoleh informasi mengenai mobil yang belum disewa. Selain itu permasalahan muncul pada proses pencatatan pemesanan sewa mobil yang memakan banyak waktu karena masih di inputkan melalui aplikasi dekstop. Serta pemesanan melalui telepon tidak memuaskan costumer karena tidak bisa melihat gambar mobil yang akan disewa.

Untuk menanggulangi kendala tersebut maka dibangun sebuah aplikasi sistem pemesanan dan pembayaran sewa mobil online berbasis web di Rental Daras Corporation, dengan pemodelan perangkat lunak yang digunakan adalah metode terstruktur. Sistem ini berbasis web, dengan keamanan data aplikasi dan networking yang terjamin, serta proses pembayaran otomatis dengan menggunakan pihak ketiga yaitu Paypal dan transfer rekening.

Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukannya pengujian alpha dan betha terhadap sistem pemesanan dan pembayaran sewa mobil online berbasis web di Rental Daras, hasil yang ingin dicapai dalam sistem pemesanan dan pembayaran sewa mobil online berbasis web di Rental Daras dapat membantu dalam meningkatkan penyewaan mobil, dapat membantu dalam promosi dan memperkenalkan mobil yang disewakan oleh Rental Daras, serta dapat membantu dalam meyebarluaskan dalam pemasaran dan penyewaan mobil Rental Daras.

1. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Rental Daras Corporation adalah suatu rental mobil yang terletak Jl. Merkuri Selatan II No. 17 Margahayu Raya Bandung – Jawa Barat 40286. Rental Daras Corporation menyediakan pelayanan berupa sewa mobil harian, mingguan dan bulanan. Perbedaan jenis mobil didasarkan pada tipe, harga, dan fasilitas yang ada di masing – masing mobil.

Usaha yang dilakukan untuk mempromosikan mobil-mobil yang akan disewakan serta memberikan informasi tentang Rental Daras Corporation ke customer, perusahaan telah melakukan berbagai cara yaitu dengan saling memberi informasi melalui satu customer ke customer lainnya dan pemasangan iklan di kolom surat kabar. Setelah perusahaan melakukan promosi dengan kedua cara tersebut ternyata cara tersebut dirasakan kurang efektif karena Deffi Rosdiana Sari Jurnal TA/SKRIPSI 2

perusahaan tidak dapat memberikan informasi tentang mobil-mobil yang akan disewakan secara lengkap dan detail sehingga customer kurang mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat mengenai mobil-mobil yang disediakan dan disewakan oleh Rental Daras Corporation.

Selama ini transaksi pemesanan sewa mobil dilakukan oleh costumer di rental yang besangkutan via telepon atau datang secara langsung ke rental tersebut. Permasalahan juga muncul pada pemesanan sewa mobil dengan menggunakan telepon akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperoleh informasi mengenai mobil yang belum disewa. Selain itu permasalahan muncul pada proses pencatatan pemesanan sewa mobil yang memakan banyak waktu karena masih di inputkan melalui aplikasi dekstop. Serta pemesanan melalui telepon tidak memuaskan costumer karena tidak bisa melihat gambar mobil yang akan disewa.

Proses pengolahan data dan pembuatan laporan yang terjadi di Rental Daras Corporation saat ini masih menggunakan pengolahan data yang bersifat pencatatan dalam bentuk pembukuan. Seluruh bukti pembayaran transaksi setiap hari dikumpulkan dan dilakukan pencatatan ke dalam buku besar transaksi untuk memudahkan pengolahan data transaksi. Setiap mobil yang diambil dan dikembalikan dicatat dalam buku mobil dengan tujuan mempermudah perusahaan melakukan pencarian data mobil ketika ada customer yang akan melakukan pemesanan ataupun menanyakan persediaan jumlah produk.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, maka perumusan masalah dalam sistem pemesanan dan pembayaran sewa mobil online berbasis web di Rental Daras Corporation adalah bagaimana membangun sebuah sistem pemesanan dan pembayaran sewa mobil online berbasis web di Rental Daras Corporation.

1.3 Maksud dan Tujuan

1.3.1 Maksud

Maksud yang ingin dicapai dari penelitian tugas akhir ini adalah membangun aplikasi sistem pemesanan dan pembayaran sewa mobil online berbasis web di Rental Daras Corporation.

1.3.2 Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tugas akhir ini adalah :

1. Memudahkan perusahaan dalam memberikan informasi yang lengkap dan detail kepada customer tentang mobil-mobil yang akan disewakan oleh Rental Daras Corporation, sehingga customer mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat mengenai mobil-mobil beserta gambar mobil yang akan disewakan.

2. Memudahkan customer pada saat akan melakukan pemesanan sewa mobil tanpa harus datang langsung ke Rental Daras Corporation untuk mengetahui mobil yang belum disewa.

3. Memudahkan staff pada proses pencatatan pemesanan dan pembuatan laporan sewa mobil yang tidak akan memakan banyak waktu.

2. MODEL, ANALISA, DESAIN, DAN IMPLEMENTASI

2.1 Model

Model pengembangan perangkat lunak dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan model waterfall. Tahapan-tahapan yang terdapat dalam model waterfall berdasarkan gambar 1.1 adalah sebagai berikut :

a. System engineering (Rekayasa perangkat lunak)

Merupakan tahapan yang pertama kali dilakukan yaitu merumuskan sistem yang akan kita bangun. Hal ini bertujuan agar pengembang benar-benar memahami sistem yang akan kita bangun dan langkah-langkah serta kebijakan apa saja yang berkaitan dengan pengembangan sistem tersebut.

b. Requirement analiysis

Melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi dan menetapkan kebutuhan perangkat lunak.

c. Design

Menghasilkan rancangan yang memenuhi kebutuhan yang ditentukan selama tahapan requirements analisis. Hasil akhirnya berupa spesifikasi rancangan yang sangat rinci sehingga mudah diwujudkan pada saat pemrograman.

d. Coding (implementasi)

Pengkodean yang mengimplementasikan hasil desain ke dalam kode atau bahasa Deffi Rosdiana Sari Jurnal TA/SKRIPSI 3

yang dimengerti oleh mesin komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

e. Testing (pengujian)

Melakukan pengujian yang menghasilkan kebenaran program. Proses pengujian berfokus pada logika internal perangkat lunak, memastikan bahwa semua pernyataan sudah diuji dan memastikan apakah hasil yang diinginkan sudah tercapai atau belum.

f. Maintenance (perawatan)

Menangani perangkat lunak yang sudah selesai agar dapat berjalan lancar dan terhindar dari gangguan-gangguan yang dapat menyebabkan kerusakan.

System EngineeringRequirements AnalysisTestingDesignCoding MaintenanceFeedback

2.2 Analisa

A. Analisa Sistem

Suatu sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu [9]. Sedangan analisis sistem merupakan penguraian dari suatu sistem yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, hambatan-hambatan yang terjadi dari kebutuhan yangdiharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.

Hal-hal yang dilakukan pada tahap analisis sistem adalah analisis masalah, prosedur yang sedang berjalan, dokumen yang terlibat, analisis pengkodean, analisis kebutuhan fungsional dan kebutuhan nonfungsional meliputi analisis perangkat keras, analisis perangkat lunak serta analisis pengguna.

B. Analisis Fungsional

Ketika akan membangun sebuah program aplikasi, tahap pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mempelajari dan menganalisa  sistem yang sedang berjalan. Analisis sistem pemesanan dan pembayaran sewa mobil online berbasis web di Rental Daras yang sedang berjalan saat ini akan digambarkan dalam flowmap.

C. Analisa Basis Data

Basis data adalah kumpulan data yang dapat digambarkan sebagai aktifitas dari satu atau lebih organisasi yang berelasi. Tahap ini digunakan untuk menganalisis data apa saja yang berelasi dan terlibat dalam pembuatan sistem.

Entity Relationship Diagram (ERD) merupakan suatu alat pemodelan yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antar entitas yang terjadi, yang berisi komponen-komponen entitas dan relationship yang masing-masing dilengkapi dengan atribut-atribut yang merepresentasikan seluruh fakta dari sebagian dunia nyata. Entity Relationship dari Sistem pemesanan dan pembayaran sewa mobil di Rental Daras adalah suatu model jaringan yang menggunakan susunan data yang disimpan dalam sistem secara abstrak.

D. Analisa Kebutuhan Non-Fungsional

1. Diagram Konteks

2. DFD Level 0

3. Skema Relasi

A. Desain Struktur Menu

Dalam perancangan sebuah aplikasi dibutuhkan struktur menu yang berisikan menu dan submenu yang berfungsi untuk memudahkan user dalam menggunakan aplikasi tersebut.

 

B. Desain Menu Utama Aplikasi

Berikut ini adalah gambar perancangan menu utama untuk user dan staff.

 

2.4 Implementasi

Tahap ini merupakan tahap dimana sistem siap untuk dioperasikan, yang terdiri dari penjelasan mengenai lingkungan implementasi, dan implementasi program.

 

A. Implementasi Perangkat Keras

 

Perangkat keras yang digunakan untuk mengimplementasikan sistem adalah sebagai berikut :

 

1. Processor dengan kecepatan minimal 1 GHz + Motherboard

 

2. Kapasitas Harddisk minimal 40 GB

 

3. RAM minimal 256 MB

 

4. VGA Card minimal 64 MB

 

5. Monitor

 

6. Lan Card 10/100Mbps

 

7. Koneksi internet minimal 64 kbps

 

8. Mouse

 

9. Keyboard

 

 

B. Implementasi Perangkat Lunak

 

Perangkat lunak yang digunakan untuk mengimplementasikan sistem adalah sebagai berikut :

 

1. WAMP sebagai Web Server

 

2. PHP

 

3. Macromedia Dreamweaver 8 sebagai editor PHP.

 

4. MySQL sebagai DBMS

 

5. Tool antarmuka design Microsoft Visio 2007

 

6. Mozila Firefox dan Microsoft Internet Explorer sebagai browser

 

7. Alamat domain

 

C. Implementasi Form

 

Implementasi form dilakukan untuk mengetahui setiap halaman program yang dibuat. Berikut ini adalah implementasi form yang dibuat.

 

 

3. HASIL DAN DISKUSI

Dari analisa dan perancangan yang telah dilakukan, hasil dari aplikasi yang dibangun dapat terlihat seperti pada tampilan dibawah ini :

 

 

 

4. KESIMPULAN DAN SARAN

 

4.1 Kesimpulan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis mengenai pembangunan aplikasi e-commerce pada Rental Daras, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :

 

1. Aplikasi ini dapat memberi informasi secara detail dan akurat mengenai mobil-mobil yang disewakan Rental Daras para calon penyewa secara online, sehingga perusahaan terbantu dalam mempromosikan mobil dan memperluas jaringan dengan efektif dan efisien.

 

2. Aplikasi ini mempermudah perusahaan dalam proses pengolahan transaksi dan pengelolaan data yang terjadi di Rental Daras.

 

3. Aplikasi ini membantu perusahaan menjadi lebih cepat dalam pembuatan laporan karena staff yang bersangkutan tidak harus mencari data-data yang sudah diarsipkan sebelumnya.

 

 

4.2 Saran

 

Penulis mengusulkan beberapa saran yang dapat dijadikan pertimbangan terhadap penggunaan sistem yang telah dibuat, yaitu:

 

1. Setidaknya perlu juga untuk membuka cabang di kota-kota besar selain

Bandung, agar lebih berkembang dan customer semakin banyak.

 

2. Antarmuka dapat dibuat lebih menarik.

 

3. Perlu adanya pengembangan pada sistem pembayaran kartu kredit, sehingga ketika customer tidak memiliki account paypal customer dapat membayarnya dengan kartu kredit.

 

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: